Cadas Gantung Majalengka





Majalengka, kota yang satu ini gak akan habis dibahas kalo ngomongin tempat wisatanya. Banyak sekali wisata alam yang ditawarkan di kota sebelah barat Cirebon tersebut. Kali ini saya akan ajak teman-teman ke salah satu tempat wisata alam yang baru-baru ini telah dibuka. Namanya Cadas Gantung. Bukan yang di Kuningan, tapi ini di Majalengka, Jawa Barat. Terletak di Desa Mirat Kecamatan Leuwimunding. Akses menuju kesana cukup mudah. Bagi yang datang dari Cirebon bisa menggunakan dua jalur tergantung dari tempat teman-teman. Saya sendiri melewati Jalan Raya Nyi Ageng Serang, Sumber arah ke pertigaan Rajagaluh belok kanan. Sekitar 5 km masuk lah Desa Mirat dan masuk ke perumahan warga. Bagi yang dari Cirebon Barat bisa melalui akses Jalan Cirebon-Bandung via Palimanan arah Rajagaluh. Intinya, akses ke tempat ini mudah dan jalanan mulus.




Penunjuk arah di Cadas Gantung
Setiba di Desa Mirat, lokasi Cadas Gantung dari perumahan warga sekitar 2 KM untuk jalan kaki menuju puncaknya. Jangan khawatir tersesat menuju tempat ini. Banyak penunjuk arah yang memudahkan wisatawan menemukan tempat ini. Hati-hati, jalanan yang sempit, berkelok, penuh bebatuan dan jarangnya tangga menyulitkan wisatawan untuk menaiki puncak. Mungkin setelah tempat ini ramai, akan ada perubahan lebih baik lagi aksesnya. Saya lupa tiket masuknya berapa, yang pasti murah meriah dan terjangkau, kok. Sebenarnya perbukitan di Cadas Gantung ini adalah perbatasan Majalengka-Cirebon yang dilalui perbukitan-perbukitan dari Palimanan, Bobos hingga ke Majalengka.






Bukit cantik di sekitar Cadas Gantung
Perbukitan-perbukitan di Cadas Gantung ini sangat indah sekali. Bukitnya yang hijau dikelilingi perkebunan warga sekitar membuat puas mata memandang. 



Puncak Cadas Gantung ramai para pengunjung


Setiba di puncak bukit Cadas Gantung mungkin tidak ada yang beda dari bukit-bukit lainnya. Bersyukur dan bahagianya karena kita bisa memandang kota Majalengka dari ketinggian dengan sangat indah sekali. Majalengka begitu hijau.

Majalengka dilihat dari puncak Cadas Gantung. Indah sekali...!



Banyak sampah berserakan di Cadas Gantung. Kesadaran pengunjung soal kebersihan masih minim


Itulah sedikit pengalaman mengunjungi Cadas Gantung yang indah. Silahkan berfoto-foto tetapi dengan tidak merusak apapun dan jangan mengotori lingkungan sekitar. Tips saya untuk teman-teman yang ingin mengunjungi Cadas Gantung waktu yang tepat adalah disaat pagi dan sore. Suasananya adem dan sejuk.

Jepretan favoritku, perbukitan cantik Cadas Gantung






















PERHATIAN:
Dilarang keras menyalin artikel ini tanpa seijin pemilik blog. Beri link aktif apa bila memposting ulang artikel ini. Hargailah karya para penulis. Lebih baik punya tulisan jelek dgn hasil karya sendiri dari pada tulisan bagus tapi hasil jiplak orang lain. STOP PIRACY!




No comments:

Post a Comment

Popular Posts